Thursday, May 24, 2012

Internet : Sumber Materi Pelajaran




Buku adalah jendela dunia.  Dari buku yang dibaca  kita bisa mendapat pengetahuan. Ketersediaan buku-buku yang lengkap  dalam perpustaan merupakan hal yang penting yang menunjang proses pembelajaran. Pada kenyataannya, tidak semua perpustaan di sekolah lengkap buku-bukunya. Sebagai contoh perpustakaan di SMA Advent Klabat Manado belum memenuhi ragam dan jumlah buku yang dibutuhkan siswa dan guru dalam pembelajaran. Banyak buku terbitan lama yang informasinya sudah tidak relevan dengan kebutuhan pengetahuan saat ini.

Salah satu terobosan yang dilakukan saya untuk memenuhi kebutuhan literatur adalah penggunaan internet pada proses pembelajaran. Di sekolah kami handphone dilarang digunakan pada proses KBM, kecuali atas seizin guru. Untuk memenuhi kebutuhan literatur, pada proses pembelajaran biologi, fisika dan kimia saya mengizinkan penggunaan handphone bagi siswa untuk googling mencari materi pelajaran saat itu.  Ada rambu-rambu yang harus ditaati siswa yaitu mereka hanya mencari materi pelajaran yang sesuai, tidak untuk social networking, chating dan membuka situs-situs yang tidak sehat untuk perkembangan jiwa siswa. Satu syarat lagi yaitu : ada pulsa J.

Sejauh ini cara ini cukup berhasil untuk mendapatkan materi pelajaran yang sesuai dan up to date, juga untuk  menyiasati kekurangan buku pada perpustakaan kami.

Sumber gambar: http://widadrachman.blogspot.com/2011/02/10-handphone-dengan-akses-internet.html

No comments:

Post a Comment